Jumat, 06 April 2018

Ubah .co.id ke .com

Mengganti domain blogspot.co.id ke blogspot.com pada blogger - Hai..hai..hai kembali lagi bersama TByang senantiasa akan selalu memberikan informasi seputar teknologi, informasi internet, dan blogging. Tema artikel kali ini adalah seputar blogging nih. Yaitu bagaimana cara mengganti domain .co.id ke .com pada blogspot. Sebelum itu saya jelasin dulu ya latar belakang dari tutorial ini.

Blogger saat ini memiliki sistem blog building yang terus menerus berkembang. Salah satunya adalah menyesuaikan domain secara otomatis sesuai negaranya. Contohnya bila kita tinggal di indonesia maka setiap situs blogspot akan terarah ke domain blogspot.co.id. Bila di inggris maka beda lagi, menjadi blogspot.co.uk. Dan masih banyak lagi sesuai negara yang jumlahnya ratusan.

Beberapa admin blog yang menggunakan jasa blogger sepertinya ada beberapa yang kurang setuju dengan kebijakan ini. Mereka tetap ingin situsnya diakses dengan domain .com dimanapun pengunjung mengaksesnya. Mengapa demikian?

1. Domain .com adalah domain internasional
2. Ranking website tentunya berbeda antara domain internasional dibanding menggunakan domain lokal
3. Ternyata domain berpengaruh terhadap peringkat di search engine (SEO)

Itulah latar belakang dan alasan para blogger lebih memilih menggunakan domain internasional (.com)

Nah, untuk menentang kebijakan blogger ini, ternyata mereka menggunakan kode script untuk memanipulasi domain blog. Tetapi tetap aman. Yaitu dengan mengalihkan atau redirect url dari .co.id ke .com

Kode script apa yang digunakan untuk mengubah web domain lokal (.co.id)  ke domain internasional (.com)?
Kodenya adalah berikut ini.
Mengubah .co.id ke .com

<script type='text/javascript'>
var str=window.location.href.toString();if("-1"==str.indexOf(".com/")){var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot."));if("-1"==str1.indexOf("/"))var str2=str1;else var str2=str1.substring(0,str1.indexOf("/")+1);window.location.href=window.location.href.toString().replace(str2,".blogspot.com/ncr/")}
</script>

Caranya menerapkannya adalah..
1. Masuk ke akun blogger
2. Kemudian klik tema/template
3. Kemudian klik edit html
4. Cari kode </head> kemudian taruh kode script yang ada diatas tadi dengan cara di copy paste
5. Save Template

Silahkan cek apakah domain sudah berubah atau belum dengan mengunjungi blog kamu atau klik Lihat Blog

Itulah sedikit tutorial singkat yang TB bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel trik mengubah domain blogspot.co.id ke blogspot.com ini bermanfaat. Terima Kasih!

1 komentar:

  1. Issues related to Binance 2fa not working.
    2fa is the main component to preserve your Binance account from other malware activities that can create difficulties like virus attack, hacking attack and much more. If your 2fa is not working properly, you should get this problem fixed as soon as possible by dialing Binance support number. 800-665-6722 which is available all day and night and obliterate all the errors in a jiffy. The specialists are always there at your service, all you have to do is address them on time.


    More Details Visit Here:- https://www.cryptophonesupport.com/exchange/binance/

    BalasHapus